Universitas Sebelas Maret (UNS) Siap Gabung Kegiatan Membangun Desa

Picture6.png

Di tengah Resepsi pernikahan putri mantan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi MS, Ir. Haniliya Samha Wardhani dan Ir. Almas Mirza Murastomo yang sangat meriah di Solo, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Prof. Dr. Haryono Suyono ikut hadir di temani putranya Drs. Fajar Wiryono sempat berbincang akrab dengan Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Jamal Wiwoho yang didampingi oleh Prof. Dr. Darsono yang di masa lalu sangat akrab sebagai Ketua LPPM UNS dengan gerakan pengembangan Posdaya dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sangat efektif dari UNS berkunjung, tinggal dan bekerja untuk masyarakat desa.

Dalam bincang-bincang yang akrab itu dibahas secara santai kesediaan Rektor bahwa UNS sangat siap berpartisipasi dalam pembangunan desa dan masyarakat desa melalui kerja sama Pertides yang menjadi mitra dari Kementerian Desa PDTT. Kegiatan KKN di masa lalu, seperti digariskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadien Makarim diperkuat dengan Kampus Merdeka dan Kuliah Merdeka bagi UNS bukan kegiatan baru. Para Dosen dan Mahasiswa biasa melakukan KKN atau Kuliah lapangan di desa sekaligus menciptakan teknologi tepat guna yang langsung di manfaatkan di desa.

UNS tidak menyimpan penemuan ilmiah yang di dapat dari penelitian dan pengembangan di lapangan, tetapi langsung bersama masyarakat memanfaatkan penemuan itu dalam kegiatan operasional petani dan penggiat industri kecil di desa. Dari pengalaman masa lalu studi tentang Sidat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Jepang langsung di kembangkan di desa di Tuban untuk industri dengan cakupan penjualan di luar negeri. Di samping itu ada studi tentang penanaman pisang yang menjadi andalan rakyat banyak. Studi tentang penggunaan Batery LItium jalan terus untuk supply GESIT motornya ITS untuk pedesaan yang memberikan manfaat tinggi.

Dalam pembicaraan singkat di tengah Resepsi itu, Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho dengan senang hari siap menerima Tim Pakar dan Staf Menteri Desa PDTT untuk konsultasi dan mencari celah bagaimana berbagai kegiatan lapangan UNS tersebut bisa di tularkan kepada Bumdes atau Prukades di desa guna mendorong prakarsa dan pelaksanaan di lapangan yang membawa manfaat iinggi di desa. Semoga.

UNS4.jpg
Haryono SuyonoComment