Wisuda Sarjana STMM 2020  di Yogyakarta secara Daring sukses dan memukau

stmm1.jpg

Hari ini, Rabu 21 Oktober 2020, dalam suasana Pandemi Covid-19 yang belum mereda, Sekolah Tinggi Multi Media MMTC di Yogyakarta melakukan wisuda sebanyak 268 Sarjana Si dan Diploma 4 melalui Sistem Daring. Upacara yang sangat anggun yang untuk pertama kali dilakukan melalui Sistem Daring tersebut berjalan lancar dan memukau. Begitu sistem Zoom dibuka langsung para mahasiswa kelihatan di layar berebutan masuk ke dalam sistem memakai Toga seperti hadir dalam acara Wisuda biasa tetapi sebagian besar duduk di muka laptop di ruangan yang berlatar belakang berbeda-beda karena berada di kediaman masing-masing. Sebagian kecil saja hadir secara fisik dalam ruangan yang kursinya di tata berjarak aman dengan memperhatikan kelayakan protokol kesehatan seperti di tentukan. Hadir juga secara virtual Prof. Dr. Haryono Suyono, Wakil Ketua Dewan Penyantun yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buono, Gubernur DI Yogyakarta.

stmm2.jpg

Sambil menunggu kelengkapan dan kehadiran Senat Perguruan Tinggi yang di pimpin oleh Ketua Ir. Noor Isa, MSc pada layar disajikan tayangan kegiatan STMM yang cukup menarik biarpun dari segi komunikasi terkesan “kurang greget” tidak mewarisi semangat penduduk Yogyakarta yang berani menyerang Ibukota RI pada “Peristiwa Enam Jam di Yogyakarta” membebaskan Ibukota RI pada tahun 1949 yang membuat penjajah Belanda “hengkang” dari Indonesia dan menyerahkan kembali Ibukota ke tangan kita. Selingan itu di bayar langsung oleh kehadiran Senat Dosen dengan Seragam dan Toga yang anggun memberi semangat kepada para mahasiswa yang berkumpul di rumah masing-masing, didampingi atau disaksikan langsung oleh orang tua atau kerabat yang menunggu dengan penuh kebanggaan.

stmm3.jpg

Begitu Acara di buka secara resmi, Ketua STMM Ir. Noor Isa, MSc memberikan laporan secara rinci yang langsung disiarkan secara nasional dan global tentang perkembangan STMM serta lulusan yang di wisuda pada hari ini. Sungguh menggembirakan bahwa dari 268 mahasiswa yang di wisuda ada sebanyak 20 persen sudah “laku kerja” sehingga tidak perlu mondar-mandir  mencari kerja. Menurut pengalaman, karena langkanya tenaga ahli dalam bidang komunikasi, sisanya yang 80 persen biasanya segera terserap dalam lapangan kerja yang sedang tumbuh di Indonesia karena di samping mendapatkan ijazah Sarjana atau lulus Diploma Strata 4, para mahasiswa yang di wisuda hari ini mengantongi Surat Pendamping Ijazah dari BNSP berupa Sertifikasi Kompetensi yang membuktikan bahwa setiap lulusan memiliki Kompetensi yang relevan dengan bidang pilihannya.

stmm4.jpg

Setelah pengantar Ketua STMM acara dilanjutkan dengan Sambutan Menteri Kominfo, Johnny G. Plate yang memberikan sambutan yang sangat membesarkan hati dan membakar semangat dari Jakarta melalui Sistem Daring. Digambarkannya kepada para lulusan bahwa kita berada pada era industri 4.0 yang serba elektronik yang serba cepat dan menuntut sumbangan para lulusan yang sangat diharapkan sehingga Menteri berharap agar para lulusan segera terjun dalam pembangunan dengan sungguh-sungguh disertai dedikasi yang tinggi dalam memberikan sumbangan secara maksimal kepada kemajuan bangsa.

stmm5.jpg

Sambutan Menteri yang berasal dari NTT dan sebelumnya memiliki profesi sebagai pengusaha itu memberi arah agar para mahasiswa segera terjun membantu pembangunan ekonomi yang makin maju karena tuntutan dunia yang tidak bisa ditawar lagi. Sambutan Menteri Kominfo itu di lengkapi secara tehnis dengan Sambutan Kepala Badan Litbang Menteri, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar MA yang mengurai tantangan dan harapan yang dihadapi serta diidamkan penyelesaiannya yang memuakan dari para lulusan. Suatu tantangan yang tidak ringan tetapi dengan bekal selama menempuh studi rata-rata selama empat tahun dengan banyak sekali yang lulus dengan predikat Cum Laude, lulusan STMM tahun 2020 diharapkan akan memberikan kontribusi kepada Negara, Bangsa dan menyajikan prestasi gemilang untuk almamater yang memberikan pembekalan dengan penuh kesungguhan. Selamat dan sukses selalu untuk para lulusan STMM tahun 2020 disertai rasa hormat kepada para dosen dan semua pengasuh, para orang tua dan semua pihak yang telah memberikan bantuannya. Diucapkan juga tterima kasih kepada semua yang memberikan sambutan dan apresiasinya dengan tulus. Selamat atas Wisuda STMM 2020 yang sukses dan membanggakan.

Haryono Suyono1 Comment