Buku Biografi Prof. Dr. Haryono Suyono mulai diedarkan

biografi.jpg

Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2020, hari ini, Buku Biografi Prof. Dr. Haryono Suyono, mantan Kepala BKKBN selama hampir 17 tahun, mantan Menko Kesra dan Taskin untuk dua periode, Pendiri dan mantan Ketua Yayasan Damandiri sampai tahun 2015, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT sampai sekarang, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya, Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang disusun oleh Joko Indro Cahyono, BSc, SP, MPd penulis beberapa Buku Biografi dan buku-buku lain yang produktif, telah selesai di cetak dan diterbitkan oleh Airlangga University Press (AUP) di Surabaya. Buku setebal hampir 150 halaman dalam cetakan berwarna itu mulai diedarkan kepada para sahabat dan rekan-rekan Guru Besar Perguruan Tinggi penyumbang komentar dari berbagai Perguruan Tinggi ternama di mana sejak tahun 1970-an bekerja sama dalam Penelitian, Pengembangan dan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke desa-desa membangun partisipasi dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Posdaya guna merangsang penerimaan Keluarga Berencana, proses pemberdayaan keluarga dan upaya pengentasan kemiskinan.

Buku ini secara jelas menggambarkan perjuangan masyarakat Indonesia menggerakkan program KB di seluruh Indonesia melalui inovasi maha besar dari pendekatan klinik yang umum di banyak negara menjadi pendekatan kemasyarakatan yang menjadi model dunia semenjak tahun 1980-an dan mewarnai Konperensi Kependudukan Dunia di tahun 1994, setelah sebelumnya mengangkat martabat bangsa Indonesia, sebagai Negara berkembang dengan jumlah penduduk sangat besar meraih penghargaan PBB berupa UN Population Awards pada tahun 1989.

Buku ini menceritakan juga upaya Pelaksanaan Program UPGK, program Gizi Keluarga,  secara nasional oleh BKKBN bersama Kementerian Kesehatan yang mampu menurunkan masalah Gizi Buruk dan stunting pada akhir tahun 1990-an dengan drastis. Gerakan masyarakat itu bersifat massal gegap gempita dengan peralatan sederhana serta intervensi makanan lokal melalui kegiatan PKK dan lembaga swadaya masyarakat lainnya secara gotong royong dan konsisten. Buku ini menceritakan pula upaya pemberdayaan keluarga dan pengentasan kemiskinan dari posisi sekitar 30 persen di awal tahun 1990-an turun sampai 11 persen pada tahun 1997 yang menempatkan Indonesia memperoleh Penghargaan UNDP PBB karena upaya itu dilakukan bersama dengan masyarakat secara gotong royong. Masih banyak cerita lain yang akan sangat berguna untuk awam, mahasiswa maupun petugas negara karena program pemerintah dipadukan dengan gerakan masyarakat secara luas dan mendapat perhatian dunia secara sangat terhormat.

Pesanan buku bisa disampaikan langsung kepada Penerbit Airlangga Universitas Press di Surabaya melalui AUP Anisah nomor hape +6282143875787 atau AUP Teguh nomor hape +6228179395144  dengan harga setiap buku Rp. 106000,- belum termasuk ongkos kirim. Pembelian banyak bisa dirundingkan dengan penerbit. Semoga bermanfaat, Aamiin.

Haryono SuyonoComment