Hari Pertama Tahun 2020

Selamat tahun baru 2020, semoga harapan dan optimisme selalu bersama kita. Meskipun hari pertama ini ditandai dengan musibah banjir besar menimpa kawasan Jabodetabek, termasuk ruas tol Cikampek dan Cipali. Curah hujan yang sangat tinggi sejak tadi malam mengguyur Jabodetabek, mengakibatkan banjir di beberapa tempat terutama di DKI Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan, termasuk beberapa tempat di kota Tangerang. Bahkan banjir kali ini menelan korban jiwa, sekurang-kurangnya empat warga, diantaranya akibat tersengat listrik.

Hujan dalam beberapa hal di awal tahun baru bisa dimaknai rejeki dalam keprcayaan kelompok masyarakat tertentu. Hanya saja kali ini hujan turun dengan deras dan hampir tiada henti semalaman sampai pagi. Bahkan landasan pacu Bandara Halim Perdana Kusumah terendam air untuk beberapa saat, sampai Bandara di Ibukota ini tidak bisa beroperasi untuk sementara waktu.

Semoga banjir cepat berlalu, masyarakat selamat dan bisa kembali beraktifitas seperti semula. Kita maknai bencana banjir ini sebagai ujian, sekaligus juga pembelajaran untuk selalu melakukan antisipasi terjadinya bencana banjir dengan lebih baik ke depan, sehingga kita bisa lebih siap dan waspada. Perilaku alam tidak bisa dilawan, yang bisa dilakukan adalah dengan perilaku kita untuk senantiasa menjaga lingkungan alam untuk keberlangsungan ekosistem.

Simpati yang besar kepada para korban banjir, semoga selalu ada pertolongan dalam musibah ini, dan cepat teratasi.

Awal kurang baik belum tentu kurang baik untuk seterusnya. Kita tetap optimis.

(Aam Bastaman)

Banjir Jakarta.png
Aam BastamanComment