Bumdes Jasa penyewaan peralatan pesta

tamanP.jpg

Pada waktu ini sedang marak pengembangan Bumdes di tingkat Desa sehingga ada saja yang mengangkat gagasan-gagasan brilian untuk dikembangkan menjadi Bisnis bagi kegiatan Bumdes yang dibentuk di desanya. Menurut Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, salah satu gagasan yang menarik dan bisa menjadi Bisnis menguntungkan karena desa-desa yang bertambah maju adalah bisnis penyewaan peralatan pesta, baik untuk pengantin atau pesta ulang tahun atau bahkan untuk pertemuan biasa. Di daerah perkotaan usaha menyewakan tempat pesta atau usaha menyewakan alat pesta untuk kegiatan pesta di suatu Gedung Pertemuan yang besar tidak saja hanya satu usaha tetapi berkembang pesat dan telah diselenggarakan oleh banyak perusahaan. Yang disewakan mulai dari gedung pertemuan, kursi, meja, hiasan kamar pengantin, tempat duduk pelaminan, pakaian pengantin serta seragam bagi para pengiring pengantin.

Termasuk juga peralatan lain yang dibutuhkan dalam suatu pesta yang digelar sehingga tuan rumah tidak perlu membeli alat atau perlengkapan yang tidak akan ada gunanya setelah pesta usai. Atau bahkan apa saja yang dibutuhkan dalam suatu pesta berlangsung atau sebelum pesta besarnya berlangsung. Kegiatan sewa menyewa itu jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli suatu keperluan yang hanya dibutuhkan pada suatu saat  tertentu karena pasti membuat kita merasa rugi. Kegiatan suatu Bumdes untuk tingkat desa bisa merupakan suatu peluang bisnis dengan modal investasi yang relatif murah dan lebih dari itu mendidik penduduk desa berhemat dalam menyelenggarakan pesta untuk anggota keluarganya.

Bagi Desa yang memiliki Gedung Pertemuan tidak perlu memikirkan pembuatan Gedung Pertemuan, tetapi bagi yang belum memiliki bisa juga mempertimbangkan pembuatan Gedung yang sekaligus bisa menjadi sarana Seni dan Olah Raga di tingkat desa. Modal dari Dana Desa dapat dirundingkan dalam Rembug Desa dipertimbangkan kemungkinan memanfaatkan peluang ini. Kalau perlu dapat juga dilakukan modal awal yang dikumpulkan dari keluarga mampu yang di masa lalu pernah mengadakan pesta perkawinan anaknya dan sisa pakaian atau asesorinya dapat disumbangkan sebagai kontribusi untuk pembentukan Bumdes yang kegiatannya menyewakan perlengkapan untuk pesta pernikahan atau pesta lainnya yang menghasilkan pendapatan untuk desanya yang kemudian dipergunakan untuk keperluan mengurangi kemiskinan dan membantu keluarga prasejahtera berkembang menjadi keluarga yang lebih berbahagia. Semoga.

Haryono SuyonoComment