Bumdes Sukamaju “Maju Mandiri” mulai bergerak

MajuM.jpg

Seperti desa-desa lain dari seluruh Indonesia yang jumlahnya hampir mencapai sekitar 75.000 desa, Desa Sukamaju yang terdiri dari beberapa dusun antara lain : Dusun Sukamaju, Dusun Sukamaju Hilir, Dusun Cibulakan, Dusun Cikujang Hilir dan Dusun Cikujang Tonggoh. Desa Sukamaju merupakan salah satu daerah di kaki Gunung Sawal Kabupaten Ciamis. Dusun Cikujang Hilir merupakan pilihan jalur pendakian untuk menuju puncak Gunung Sawal. Desa Sukamaju merupakan nama pengganti dari Cibaruyan. Cibaruyan diambil dari nama sungai yang melewati Desa ini, yang mempunyai hulu di Gunung Sawal.

Mata pencahariannya mayoritas sebagai Petani yaitu bertani dan berkebun. Perekonomian lebih banyak berhubungan dengan Tasikmalaya, hal ini karena jaraknya yang lebih dekat dibanding Kota Ciamis. Untuk menuju desa ini bisa menggunakan jasa ojek atau angkutan pedesaan dari Terminal Baru Tasikmalaya di Indihiang. Jaraknya sekitar 8 km.

Bumdes di Desa ini dipimpi oleh Ir. Aep Denawan dibantu oleh Sekretaris Wayan Herlina dan Bendahara Lilis Wahyuingsih. Bumdes yang diberi nama Badan Usaha Milik Desa Maju Mandiri disingkat BUMDES “ Maju Mandiri “,berkedudukan di Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis membawa mottberdasarkan kekeluargaan dan kegotong royongan serta bertujuan mengadakan dan mempasilitasi kebutuhan anggota masyarakat dan lembaga usaha masyarakat serta menjual dan membeli hasil usaha masyarakat

 Dalam menjalankan organisasi dan usahanya “ BUMDes Maju Mandiri “ menganut prinsip :

·         Keangotaan yang sukarela dan terbuka

·         Pengendalian oleh anggota secara demokratis

·         Partisipasi anggota dalam kegiatan ekonomi

·         Otonomi dan kemandriain

·         Pendidikan, pelatihan dan informasi

·         Kerjasama antar lembaga usaha, lembaga keuangan dan lembaga masyarakat lainya.

·         Kepedulian terhadap masyarakat

 

Untuk mencapai tujuan di atas, maka “ BUMDes Maju Mandiri “ menyelenggarakan usaha :

(a)   Pengadaan kebutuhan para petani,sarana produksi pertanian,pengolahan hasil   pertanian

(b)   Penjualan hasil panen dan pasca panen

(c)   Perdagangan dan jasa

(d)   Simpan Pinjam Modal Usaha

 

Sampai laporan ini ditulis belum ada laporan kegiatan terperinci yang bisa di tayangkan dan ditunggu mudah-mudahan kegiatannya berjalan lancar. Semoga.

Haryono SuyonoComment