Konservasi Bambu untuk Menjaga Sumber Mata Air

HutanBam.jpg

Dalam situs Kementerian Desa PDTT terdapat situs tentamg adanya konservasi bambu yang mampu menjadi sarana yang menguntungkan untuk mempertahankan sumber air yang sangat dibutuhkan oleh para petani. Secara sengaja dan gotong royong penduduk setempat sangat rajin memelihara bambu yang ada sehingga kelompok tanaman bambu itu justru memelihara sumber air tidak pernah keringa sehingga dapat tetap mengairi sawah yang dimiliki oleh para petani berkat air yang terpelihara dengan baik.

Bagi petani, mempertahankan sumber air ini sangat penting karena mata pencaharian penduduk desa tersebut adalah bertani. Seiring dengan berkembangnya zaman dalam hal pertanian kemajuan bertani sangat tergantung pada bagaimana memperoleh pupuk, mengatur pembibitan, dan terutama dalam menjaga stabilitas debit air untuk mengairi lahan pertanian sawah ladang petani.

Untuk itu, Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki sebuah program inovasi konservasi lahan Bambu yang dijaga dengan baik agar bisa mendukung debit air embung tetap stabil. Cara yang mereka tempuh adalah dengan menggunakan tenaga ahli yang membantu dan membimbing mereka untuk bisa membuat petani tidak perlu khawatir kekurangan air untuk lahan pertaniannya.

Dengan cara tersebut seluruh desa berhasil memelihara debit air dan bahkan desa tersebut karena adanya gagasan dan praktek yang sangat inovatip tersebut menjadi salah satu tujuan wisata, yang kemudian menghasilkan mata pencaharian baru yang bermanfaat untuk keluarga desa dan meningkatkan pendapatan desanya.

Haryono SuyonoComment