Bumdes Desa Panggung Harjo di Yogyakarta olah sampah jadi berkah

pHarjo.png

Bumdes di Desa Panggung Harjo di Yogyakarta dewasa ini menjadi salah satu contoh usaha Bumdes yang menarik untuk dipelajari karena banyak pengertian bahwa suatu usaha milik desa harus merupakan suatu Badan Usaha untuk memproduksi dengan bahan baku yang berasal dari desa dan produknya enak dimakan atau dipergunakan sebagai bahan konsumsi lainnya.

 Bumdes Desa  Panggung Harjo ini agak lain karena bahan bakunya adalah sampah, sesuatu yang sesungguhnya tidak ada gunanya lagi, bahkan merupakan kotoran, sisa-sisa yang menumpuk, harus dibuang, karena apabila tidak dibuang akan mengganggu kebrsihan dan merusak sesuatu yang baik bisa berubah mendatangkan kotoran yang menyebarkan penyakit bagi rakyat pada umumnya. Oleh karena itu upaya yang dilakukan oleh rakyat Panggung Harjo sungguh luar biasa karena mereka mengumpulkan sampah dan mengolah sampah dalam suatu usaha Bumdes yang mengelola sampah menjadi bahan pupuk organik yang mempunyai manfaat yang lebih tinggi sehingga penggunan pupuk itu menyuburkan tanaman menggantikan pupuk kimia yang konon berbahaya.

            Disamping produk berupa pupuk organik tersebut, penduduk Panggung Harjo juga membuat sebuah usaha kerajinan tangan, sehingga pada tahun 2014 Bumdes ini meraih juara pertama dalam perlombaan di tingkat Nasional. Melalui aneka usaha itu total aset yang dimiliki Bumdes ini mencapai sebesar 370 juta. Artinya, pengelolaan sampah yang sungguh-sungguh dan menghasilkan brbagai macam produk akan mengubah sampah menjadi berkah dan menghasilkan lingkungan yang bersih tidak tercermar kotoran sampah sehingga masyarakat juga bertambah sehat. Bisnis sampah dari Desa Panggung Harjo membuat masyarakat “naik panggung gara-gara sampah”, luar biasa dan pantas kita pelajari dan ditiru.

Haryono SuyonoComment