Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Olahraga Multifungsi Warga Desa

gunug sari.png

Desa Sesela di Kecamatan Gunug Sari, Lombok Barat, NTB yang berpenduduk sekitar 13690 jiwa telah menyulap tempat pembuangan sampah menjadi Sarana Olah Raga yang memberi manfaat lebih besar dibandingkan peruntukannya semula. Pemerintah Desa Sesela, Kecamatan Gunug Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam kegiatan tersebut memutuskan bersama masyarakatnya menggunakan dana desa. Dengan adanya perubahan ittu, desa tersebut memiliki wadah pengembangan bakat olahraga bagi remaja, sarana jalan sehat bagi orangtua dan lansia, tempat bermain yang aman bagi anak-anak, sekaligus kegiatan bermanfaat bagi pengembangan seni yang dipentaskan pada sarana olah raga desa tersebut.

 Gagasan itu didorong seruan bahwa setiap desa diharapkan membangun Prukades, Bumdes, Embung Desa dan Sarana Olah Raga Desa. Namun karena ada kesempatan mengubah tempat pembuangan sampah menjadi Sarana Olah Raqga, dan tempatnya relatif strategis, maka penduduk sepakat mengubah tempat pembuangan sampah itu menjadi Sarana Olah Raga dengan peruntukan yang bersifat multi fungsi. Kebetulan minat dan perhatian warga Desa Sesela terhadap olahraga dan seni, utamanya bagi penduduk muda dan remaja, cukup besar.

Masyarakat yang memanfaatkan lahan pasar yang kotor dan berbau itu menjadi lapangan futsal pada areal depan pasar, yang diputuskan melalui Rembuk Desa mendapat prioritas tinggi pada tahun 2015 sehingga lapangan bola di bangun tahun 2018. Apabila ada yang berminat, bagaimana menyiapkan lapangan tersebut, bisa dihubungi Kepala Desa Sesela, Asmuni AS telpon hp 087865912124, atau Sekretaris Desa Sesela, Farman Andi Triwidardi, tilpon hp 087865580988. Semoga membawa hasil yang positif.

Haryono SuyonoComment