Traveler Tic Talk: Great Campaign - Pemasaran Negara di Heathrow
Menyusuri Terminal 3 (Keberangkatan) Bandara Heathrow London dari satu gate ke gate berikutnya sekedar melihat-lihat situasi dan atmosfir di salah satu Bandara tersibuk di dunia, maklum jadwal penerbangan balik ke Tanah Air masih cukup lama. Saya biasanya lebih suka menunggu di Bandara biar agak lama gak apa-apa daripada datang tergesa-gesa, karena jadwal yang sudah mepet.
Pada saat berjalan pada travelator saya lihat di dinding sepanjang jalan dari gate ke gate lainnya ada banyak artwork berbentuk poster dengan gambar dan tulisan di dalamnya. Nampaknya ini semacam show case dalam rangka kampanye pemasaran negara Britania Raya (kita sering menyebutnya Inggris, padahal Inggris atau nama aslinya England hanya satu bagian saja dari Great Britain, bersama Scotland dan Wales, atau kalau digabung bersama dengan Irlandia Utara menjadi United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland – UK, dengan ibukotanya London). Topik pemasaran negara tersebut mengenai the Great of Great Britain atau UK pada umumnya.
Topik pemasaran negara ini menarik, ini juga menunjukkan kreatifitas tim yang baik untuk memasarkan dan secara spesifik mempromosikan Britania Raya, sebagai negara yang memiliki banyak hal dengan nilai (value) yang tinggi. Artwork dirancang baik mengenai topik maupun kemasan dengan kalimat yang disampaikannya secara sederhana, tetapi mengena, bertema Great. Program pemasaran negara ini menunjukkan Great Britain memiliki segala hal yang terbaik (great) di dunia, baik orang atau manusianya, karya arsitekturnya, pendidikannya, daerah pedalamannya, karya seninya, olah raganya, pariwisatanya, kreatifitasnya, petualangannya, juga great sebagai tempat investasi. Tulisan “Britain”nya lebih kecil, jadi yang tampak menyolok misalnya: Culture is Great, dibawahnya ada tulisan lebih kecil Britain.
Sepanjang travelator pada dinding ruangan Bandara terminal 3, yang saya lihat pertama ada tulisan dalam bingkai poster cukup besar, beserta gambar alat-alat musik, berbunyi: Music is Great Britain.
Selanjutnya ada tulisan dengan gambar yang berbeda, yaitu orang-orang sedang berpetualang dengan melakukan aktifitas out door, dengan tulisan berbunyi: Adventure is Great Britain.
Berikutnya ada tulisan dengan latar belakang gambar bangunan kampus universitas: Education is Great Britain. UK selalu mempromosikan pendidikannya bukan hanya world class, tapi one of the best di dunia.
Kemudian ada gambar country side yang indah di inggris, beserta tulisan: Country Side is Great Britain. Ada tulisan lanjutan: Some of the world most inspiring landscapes.
Selanjutnya, Art is Great Britain. Investment is Great Britain. Creativity is Great Britain. Heritage is Great Britain. Architecture is Great Britain. Culture is Great Britain. Business is Great Britain. Design is Great Britain. Innovation is Great Britain, dan yang lain-lainnya. Total ada sekitar 200 artwork dengan tema Great.
Apakah kampanye Great dalam rangka program pemasaran negara dan sebagai show case Great Britain tersebut sukses? Tentu perlu evaluasi dan pengukuran. Namun kesan saya, ini gagasan kreatif untuk menunjukkan dan memperdalam kesan Great Britain is a great country. Pesannnya saya kira jelas. Sebagai bentuk kampanye kalau tujuannya untuk menyampaikan dan menunjukkan apa dan siapa itu Great Britain dengan cara yang simple, namun berkesan, saya kira berhasil. Ini bentuk kreatifitas, boleh juga.
Jangan lupa, Heathrow dikunjungi oleh lebih dari 12 juta orang setiap tahunnya. Artwork tersebut diharapkan mendapatkan eksposur yang luas dari para pelancong, untuk mempromosikan Britania Raya dan Irlandia Utara, baik untuk bisnis dan inverstasi, pendidikan maupun turisme, seperti yang diharapkan oleh Steve Ridgway, British Tourist Authority Chairman dalam website Great Campaign:
“This wonderful showcase of our vibrant cities and countryside, our culture and heritage, not only promotes a great message of welcome, it leaves the millions of visitors travelling through Heathrow in no doubt about the amazing experiences that you can only have in the UK.”
Heathrow merupakan gateway bagi banyak pelancong ke Britania raya dan Irlandia Utara (United Kingdom). Jadi peran Bandara Heathrow untuk ajang promosi dalam rangka mengingatkan the best value of UK cukup strategis. Salah satu sasarannya para pelancong membawa pengalaman yang berkesan saat meninggalkan UK.
(Aam Bastaman: Dosen Pasca Sarjana Universitas Trilogi. Anggota Tim Kerja Lembaga Produktifitas Nasional/LPN. Penulis dan pelancong).