Sekjen APO Baru Asal Indonesia

Ada hal yang menarik saat pembukaan rapat Pleno Lembaga Produktivitas Nasional (LPN)  Jumat tanggal 3 Mei 2019 kemarin. Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua LPN Dr. Iskandar  Simorangkir yang juga  Deputi Bidang Kordinasi Ekonomi  Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, menghadirkan Dr. AKP Mochtan, Sekjen Asian Productivity Organization (APO) terpilih asal Indonesia. APO berkedudukan di Tokyo dengan anggota 19 negara Asia.

Dr. Mochtan selain melakukan perkenalan juga berbicara mengenai pentingnya produktifitas untuk menggerakkan kemajuan bangsa, serta komitmennya untuk terus melakukan kerjasama dengan Lembaga Produktifitas Nasional untuk mendorong peningkatan produktifitas dan daya saing di Tanah Air. Rapat Pleno LPN  2019 yang juga dihadiri oleh Prof.  Bomer Pasaribu, sebagai Ketua Tim Kerja LPN, M. Zuhri, Direktur Produktifitas Kemnaker RI, serta para anggota Tim Kerja LPN dengan acara pokok membahas program kerja LPN 2019.

Sumber dari Kemlu RI menyebutkan Dr. AKP Mochtan, kandidat dari Indonesia, telah berhasil terpilih sebagai Sekretaris Jenderal pada organisasi internasional Asian Productivity Organization (APO) periode 2019-2022, pada pemilihan yang telah dilaksanakan pada Pertemuan ke-61 Governing Council APO di Manila, Filipina, tanggal 10 April 2019.

Dr. AKP Mochtan berhasil terpilih dengan mengantongi 12 suara pada pemilihan putaran kedua, mengalahkan kandidat Thailand yang merupakan Sekjen APO incumbent dengan hanya memperoleh  6 suara. Selain Indonesia dan Thailand, terdapat kandidat-kandidat dari Republik Korea, Sri Lanka, dan Filipina, yang gugur pada putaran pertama pemilihan.

Terpilihnya Dr. AKP Mochtan untuk menduduki posisi strategis sebagai Sekjen APO merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia,serta kualitas para profesional Indonesia. Dengan berada di posisi tersebut, Indonesia dapat menunjukkan peran strategis di bidang kerja sama internasional produktifitas ketenagakerjaan.

APO adalah sebuah organisasi internasional di bidang peningkatan produktivitas terutama (namun tidak terbatas) pada  bidang ketenagakerjaan yang beranggotakan 19 negara di Asia. Indonesia menjadi anggota APO sejak tahun 1968, Indonesia telah terus aktif berperan dalam mendukung program dan kegiatan APO untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing. Dr. AKP Mochtan sendiri sebelumnya telah memiliki pengalaman kerja selama 13 tahun di APO Tokyo di berbagai posisi dan tanggung jawab, dan saat ini tengah menjabat Deputy Secretary General pada Sekretariat ASEAN periode 2013-2019.

Banyak orang mengira nama AKP itu singkatan dari Ajun Komisaris Pertama (Polri), namun rupanya nama lengkap Dr. Mochtan, yaitu: Ahmad Kurnia Prawira Mochtan, nama  khas orang Sunda.

Dr.Mochtan akan mulai bertugas di Tokyo sebagai Sekjen APO mulai September tahun ini. Selamat Pak Mochtan,  semoga sukses membawa harum nama bangsa dan negara di dunia internasional, khususnya bidang produktifitas dan daya saing. Selamat bertugas.

*Aam Bastaman: Dosen Universitas Trilogi. Anggota Tim Kerja Lembaga Produktifitas Nasional (LPN).

AKP Mochtan.jpg
Aam BastamanComment