Pak Sutjipto Wirosardjono menghadap Illahi pada Hari Ulang Tahunnya

IMG_4094.JPG

Pak Sutjipto Wirosarjono, MA, mantan Kepala Kantor Statistik DKI Jakarta, mantan Wakil Kepala BPS, penulis buku dan artikel yang sangat terkenal, pada hari ini 16 Mei, tepat pada hari kelahiran beliua yang ke 81 dipanggil oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa menghadap disisiNya. Kita doakan agar semua kesalahan dan dosa almarhum di ampunkan dan beliau diberikan tempat yang sebaik-baiknya di sisiNya sesuai dengan amal ibadahnya. Kepada keluarga yang ditinggalkannya, ibu Sutjipto dan putra putrinya, diberikan kesabaran yang tinggi, lapang dada dan utamanya semangat perjuangan yang tinggi melannjutkan cita-cita alharmum yang sangat luhur.

IMG_4078.JPG

 Daintara teman-temannya tamatan Akademi Ilmu Statistik beliau termasuk mahasiswa yang cerdas sehingga segera diberikan beasiswa melanjutkan studi tingkat sarjana ke perguruan tinggi di Filipina bersama rekan-rekan Dr. Sugito Suwito yang kemudian sempat menjabat sebagai Kepala BPS dan Sunardi MA menjabat sebagai pejabat tinggi di BPS. Kariernya dalam bidang Statistik dimulai sebagai Kepala Bagian Statistik Pertanian, kemudian dipindahkan ke daerah sebagai Kepala Kanwil Kantor Sensus dan Statistik Daerah Khusus DKI Jakarta menggantikan Haryono Suyono sebagai pejabat Kanwil Kantor Sensus dan Statistik sebelumnya yang dipindahkan ke kantor pusat. Pada saat yang sama beliau aktif sebagai Asisten khusus Gubernur Ali Sadikin. Setelah jabatan ini beliau kembali ke BPS menjabat Wakil Kepala BPS dan pensiun karena sakit

IMG_4106.JPG

 Di luar jabatan resminya beliau sempat menjadi tokoh penting pada Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dan lebih dari itu beliau adalah seorang penulis artikel yang produktif dan berbobot, sering mengikuti berbagai seminar politik sebagai pembicara ulung dengan komentar dan kritiknya yang tajam dengan latar belakang data karena profesi aslinya sebagai ahli statistik yang ulung.

IMG_4103.JPG

 Beliau mendapat anugerah Bintang Mahaputra, rencananya akan di makamkan di Makam Pahlawan Kali Bata sekitar jam 16.00 pada hari Kamis 16 Mei 2019. Kita doakan semoga segala sesuatu dan perjalanan beliau menghadap Sang Khaliq berjalan lancar. Amin.

Haryono SuyonoComment