Kuliah untuk Pendamping Desa Siap Digelar

IMG_4025.JPG

Gemari.id - Tangerang : Hari ini Rabu 15 Mei 2019, atas petunjuk Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT, Prof Dr Haryono Suyono  bersama pada anggota Tim Pakar lainnya, Dr Bibit Samad Riyanto, Prof Dr Jimmy Gani dan Dr Tyas Sari, Ibu Helmiati SH, MSi, didampingi oleh Yudha Pawarrangan dan staf, telah mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat, MBus, PhD didampingi oleh Dr Sofjan Arifin, Dekan FHISIP UT  dan Prof Dr Hanif Nurcholis MSi dari UT serta staf, telah mengadakan pertemuan secara intensif tentang kerja sama dalam Akademi Desa 4.0.

IMG_4016.JPG

Dalam pertemuan yang berlangsung secara akrab tersebut telah disampaikan kesiapan materi kuliah untuk semester pertama dari Universitas terbuka untuk Pendamping Desa yang menjadi prioritas atas permintaan Menteri Desa PDTT. Bahan tersebut siap digelar dalam kuliah on line untuk seluruh pendamping desa manakala para mahasiswa Pendamping Desa tersebut sudah mendaftar. Rektor juga sepakat bahwa pendaftaran tersebut dapat dilakukan secara bersama melalui Dirjen dalam lingkungan Kementerian Desa sehingga secara otomatis kuliah dapat segera dimulai. Disarankan kuliah tersebut dimulai dibuka dengan Kuliah Umum oleh Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo yang diikuti secara on line oleh seluruh Pendamping Desa dan siapapun yang berminat di desa.

IMG_4008.JPG

Rektor UT menegaskan bahwa kuliah bagi pendamping desa untuk Semester I ini bersifat gratis dan para peserta akan menerima Sertifikat Tanda mengikuti kuliah. Namun apabila para mahasiswa akan mempergunakan hasil kuliah untuk mengikuti program studi dengan mendapatkan gelar, maka mahasiswa harus mengikuti ujian mata kuliah yang diikutinya dan untuk itu baru dikenakan beaya mengikuti ujian dari bahan yang diikutinya. Hasil dari ujian yang dikutinya itu dicatat sebagai bagian dari bahan kuliah untuk tingkat sarjana.

Karena kuliah on line ini bersifat terbuka, maka Punggawa Desa atau Relawan Desa bisa juga mengikuti kuliah yang sama dan kepada mereka juga diperkenankan menggunakan fasilitas gratis yang sama, termasuk boleh mengikuti ujian dan bahan yang diujikan yang hasilnya dicatat sebagai angka kredit untuk gelar. Namun para peserta dari punggawa desa dan relawan itu perlu mendaftarkan secara langsung melalui pendaftaran on lin kepada Universitas Terbuka seperti biasa.

IMG_4049.JPG

Bahan ajar lain yang terkumpul pada tingkat Dirjen dan jajarannya di Kementerian Desa PDTT dari banyak laporan dari daerah akan dipergunakan oleh Universitas Terbuka guna memperkaya bahan kuliah yang telah dipersiapkan. Disamping itu, dari waktu ke waktu, tidak seperti kuliah terbuka biasa, acara Universitas Terbuka ini akan diselingi dengan Kuliah Umum on line atau kuliah kunjungan lapangan tatkala petugas dari Kementerian Desa PDTT maupun para anggota Tim Pakar berkunjung ke daerah. Kuliah umum bisa juga diberikan oleh para Guru Besar atau tenaga ahli dari Perguruan Tinggi anggota Pertides dari berbagai Perguruan Tinggi mitra Kementerian Desa PDTT.

Setelah hasil rapat tersebut dilaporkan kepada Menteri dan Sekjen Kementerian Desa PDTT, akan ditentukan kapan Kuliah Perdana Pembukaan Kuliah On-Line melalui Universitas Terbuka itu akan diadakan, yaitu bulan Juni atau paling lambat pada bulan Juli yang akan datang. Semoga.

Haryono SuyonoComment