Desa Bono Ubah Sawah Jadi Taman Bunga Mini

Bono.jpg

Klaten yang terletak antara Solo dan Yogya yang terkenal merupakan daerah wisata yang maju ternyata memiliki prakarsa yang cukup luas sehingga dengan mudah bisa menjadi daerah alternatif untuk menambah obyek wisata di kedua wiayah tersebut. Menurut laporan Gedhe Nusantara kepada Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT akhir bulan lalu, sejak diresmikan pada 2018, kehadiran Bono Park di Klaten menambah warna dan keindahan di Kabupaten Klaten, Jawa tengah. Bono Park saat ini menjadi tujuan wisata taman bunga di Klaten.

Tahun depan, Desa Bono berinovasi mengembangkan taman bunga mini itu menjadi destinasi agrowisata. Bono Park terletak di Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kehadirannya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa, termasuk menjadi sumber pendapatan asli desa (PADes).

 Bono Park dibangun dengan dukungan Dana Desa. Pemerintah Desa Bono membangun Bono Park di tengah persawahan desa. Di Bono Park ada berbagai macam bunga, sayuran, dan buah. Saking banyaknya, taman ini disebut Taman Seribu Bunga. Pembangunan Bono Park diputuskan dalam Musyawarah Desa. Untuk mewujudkan impian itu, Desa Bono akan membuat proposal perencanaan dan site plan kepada pemerintah daerah Kabupaten Klaten. Bahkan untuk membuat site plan, Desa Bono sudah bekerjasama dengan konsultan dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

 Bono Park tidak hanya wisata taman bunga, tapi menjadi tempat edukasi untuk pertanian. Ke depan, Bono Park akan memiliki kebun hidroponik dan berbagai macam tanaman pertanian.

Bono Park menjadi bagian dari inovasi Desa Bono dalam memanfaatkan Dana Desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Desa Bono menunjukkan pemanfaatan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat desa. Desa yang indah dan hebat!

Haryono SuyonoComment