Bersama Dana Desa Mergolangu Majukan Wisata

Wisata Gunung -.jpg

Dari Gardu Pandang Gunung Lanang Mergolangu, Gedhe Nusantara bulan lalu menceritakan kepada Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono bahwa seseorang dapat memandang hamparan pepohonan hijau yang mengelilingi Waduk Wadas Lintang. Menurut cerutanya pantulan air memberi sensasi tersendiri bagi para penikmat wisata, terlebih Desa ini terletak di ketinggian 1.102 meter di atas permukaan laut yang selalu dibalut hawa sejuk alam pegunungan.

 Desa ini merupakan tujuan wisata baru yang sedang dikembangkan di Kabupaten Wonosobo. Letaknya di ujung Kabupaten, berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah sehingga secara geografis Desa ini memiliki dataran tinggi yang dikelilingi hutan dan pegunungan, berhawa dingin.

 Desa Mergolangu terdiri dari tiga dusun yaitu yaitu Dusun Prigi, Dusun Wonosari, dan Dusun Mergolangu dengan jumlah penduduk sebanyak 1.819 jiwa. Mayoritas penduduk bekerja pada sektor pertanian, lainnya bekerja sebagai pedagang, supir, buruh migran, PNS, dan TNI. Sayang, sekitar 39 prosen penduduk Mergolangu masih berada di bawah garis kemiskinan. Kontribusi Dana Desa sangat penting dalam menggerakkan pengembangan masyarakat desa. Melalui APBDes Tahun 2017, Desa Mergolangu mendapat Dana Desa sebesar Rp 814 juta. Dana Desa diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur, pelayanan sosial dasar, dan peningkatan kapasitas ekonomi.

 Pemanfaatan Dana Desa dalam pengembangan wisata Desa Mergolangu dapat dikatakan sangat berhasil. Desa ini merupakan salah satu desa yang mendapatkan penilaian kinerja baik dari 122 desa yang ada di Kabupaten Wonosobo., desa ini menjadi salah satu desa yang direkomendasikan Pemerintah Kabupaten karena dinilai sukses memanfaatkan Dana Desa untuk pengembangan wisata

Haryono SuyonoComment