Kuliah On Line Akademi Desa 4.0 terus maju

IMG_2742.JPG

Hari Jumat lalu Kuliah On Line untuk Akademi Desa 4.0 seri ke lima yang disiarkan secara langsung melalui sistem On Line dari Kantor Kementerian Desa PDTT di Jakarta telah ditayangkan dengan tema Rahasia Penggunaan Anggaran Desa. Kuliah kali ini diantar mulai jam 16.00 setiap hari Jumat, mula-mula oleh Ketua Tim Pakar Prof. Dr. Haryono Suyono dan Dr. Jimmy Ghani yang mengurai dengan jelas Rahasia suksesnya Dana Desa yang dialirkan secara langsung ke seluruh Desa di Indonesia yang jumlah desanya hampir mencapai hampir sebanyak 75.000 desa di seluruh Indonesia. Setelah jedah, Dirjen PPMD Taufik Madjid bergabung setelah selesai mengikuti Rapim dengan Menteri Desa. Hadir juga di Ruang Data yang sementara ini menjadi studio untuk merekam dan menyiarkan Kuliah On Line Akademi Desa 4.0 tersebut Dr. Ivanovick Agusta dan staf yang biasanya membawakan Acara selama ini.

Kuliah kali ini sungguh menarik karena selama kuliah berlangsung, para penonton dari DI Aceh sampai Raja Ampat di Papua yang rajin menyimak kuliah langsung mengajukan pertanyaan melalui SMS dan WA yang langsung dijawab dalam kuliah baik oleh para pembicara pembawa materi, lebih-lebih oleh Dirjen PPMD Taufik Madjid yang kemudian bergabung dalam barisan pembawa materi. Pasukan petugas di belakang acara, krew yang mengolah acara termasuk pembawa Acaranya sungguh makin mahir biarpun mereka bukan pembawa Acara Kondang dari jajaran Televisi, tetapi setelah empat lima minggu menayangkan acara ini, hasil kerja mereka makin profesional. Lebih dari itu Acara ini di tayangkan juga melalui You Tube sehingga yang tidak sempat melihat Acara Kuliah On Line pada saat tayang perdana tersebut bisa melihat ulang melalui tayangan YouTube dengan mudah. Situs-situs lain dari beberapa tempat juga menyiarkan atau menyiarkan ulang Acara Kuliah On Line tersebut, termasuk situs Gerakan Masyarakat Mandiri, gemari.id.

Setelah Acara Kuliah selesai Ketua Tim Pakar sempat bertemu dengan Sekjen Kementerian Desa dan PDTT, Dr. Anwar Sanusi,  yang melalui Ketua Tim Pakar menyampaikan apresiasi keterlibatan Tim Pakar membantu Acara Kuliah On Line yang makin populer di kalangan para Petugas Pendamping dan Punggawa Desa, termasuk para Kepala Desa dari Sabang sampai Merauke di Papua. Dalam kesempatan lain Kepala Badan Dr. Sri Eko Haryanto dan Ibu Dr. Helmiyati, juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi para anggota Tim Pakar. Semoga acara yang di dukung sangat kuat oleh seluruh jajaran Kemdes PDTT dan jajaran Tim Pakar itu dapat mendorong peningkatan mutu pelayanan aparat desa demi kelancaran pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa membebaskan diri dari kemiskinan dan menjadi warga tangguh yang penuh prakarsa dan dinamik membangun desa dan masyarakatnya menjadi masyarakat mandiri, bahagia dan sejahtera.

Haryono SuyonoComment