Tim Pakar mendorong Akademi Desa segera membantu peningkatan mutu SDM

TimPa1.jpg

Tim Pakar Menteri Desa PDTT yang terdiri dari Prof. Dr. Haryono Suyono, Ibu Dr. Sari Tyas, Ibu Dr Aviliani dan Dr. Jimmy Gani serta para Asisten Pendamping antara lain Drs Abdullah Kamil dalam pertemuannya dengan Ibu Dr. Helmiyati, Kepala Pusat Pusdiklat Kemendes PDTT dan stafnya hari ini, merasa makin berterima kasih bahwa upaya memberikan masukan melalui Akademi Desa 4.0 melalui Kuliah On Line yang dibawakan oleh Dr. Ivanovik Saputra dan para Nara Sumber langsung setiap hari Jum’at jam 16.00 – 17.00 telah berlangsung lancar hampir satu bulan. Tim Pakar juga berterima kasih kepada Universitas Terbuka bahwa Kuliah Universitas Terbuka melalui jasa layanan On Line UT telah mencatat mahasiswa yang berasal dari Pendamping Desa dan Punggawa Desa guna mengikuti kuliah tentang program-program pembangunan desa dan masyarakat desa. Kegiatan itu merupakan usaha yang terus menerus dari Kemendes yang dipantau oleh Kepala Badan Dr. Eko Sri Harjanto dan staf dengan dukungan penuh Sekjen Kemendes PDTT Dr. Anwar Sanusi yang menghendaki agar kualitas pelayanan Kemendes PDTT terhadap Program Pembangunan Desa dan Masyarakat Desa makin berkualitas dan menguntungkan rakyat banyak.

Oleh karena itu dalam pertemuan akhir tahun Tim Pakar pagi tadi, di sepakati agar sebelum tutup tahun, sekali lagi para anggota Tim Pakar bisa melihat perkembangan terakhir dari bahan ajar yang sedang di finalisasi untuk di lihat ulang agar sebelum lebih lanjut beredar luas, sekali lagi dapat dilihat sehingga dalam perjalanannya dapat di sempurnakan. Para anggota Pakar juga sepakat agar antar Unit Akademi Desa 4.0 saling tukar menukar bahan ajar agar keterpaduan bahan ajar di antara Uni-unit yang ada dapat makin sinkron sehingga perkembangannya makin menolong para Pendamping Desa dan Punggawa Desa meningkatkan kemampuan dan kinerjanya, seperti di anjurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang memberikan tekanan pada bahan “Merdeka Belajar” yang bermutu.

 Dengan makin terlibatnya banyak Perguruan Tinggi, baik anggota Pertides, maupun lainnya yang sama-sama menghasilkan lulusan sarjana, yang nantinya bekerja di desa, maka bahan-bahan itu perlu segera di perbanyak dan disebar luaskan melalui berbagai bentuk agar bisa menjadi bahan referensi kuliah pada berbagai Perguruan Tinggi sehingga para lulusannya dapat memahami tujuan pemberdayaan masyarakat desa yang jumlahnya sangat banyak dan perlu terus menerus antar generasi dipersiapkan untuk mampu membangun desa dan masyarakat desanya. Suatu upaya yang akan membawa kekuatan bangsa ini maju pesat dan benar-benar menjadi bangsa yang unggul di kemudian hari.

Dianjurkan agar makin siapnya bahan ajar tersebut segera di sebar luaskan kepada masyarakat luas di desa, termasuk melalui Lembaga Pelatihan dan Perangkat Desa di  daerah agar makin banyak yang mengikuti kuliah on Line yang makin bermutu tersebut. Semoga.

TimPa2.jpg

Haryono SuyonoComment