Yogyakarta Youth Strategic Forum 2019

Sebagai anggota Pokja Lembaga Produktifitas Nasional (LPN), minggu lalu mendapat undangan Expert Panel bidang ekonomi pada acara Yogyakarta Youth Strategic Forum (YYSF) 2019, dengan mengambil topik: Membangun Citra dan Kapabilitas Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Acara berupa presentasi dan diskusi tim peserta yang sudah menjadi finalis. Para peserta adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Panelis ekonomi pada acara panel tersebut berjumlah tujuh tim, dengan sub topik khusus bidang ekonomi: Menuju Kemandirian Ekonomi berbasis Keberlanjutan dan Inklusivitas. Selain sebagai expert panel yang memberikan pengantar dan pandangan untuk topik yang akan didiskusikan, kami (saya dan pak Winarto, Wakil Ketua Indonesia Ship Owner Association), menjadi juri yang menilai kemampuan dan penguasaan materi masing-masing tim. Disamping itu, dinilai juga kemampuan diskusi, mengutarakan pendapat dan argumentasi.

Selanjutnya dipilih satu tim pemenang, untuk mewakili tim ekonomi berkompetisi dengan tim pemenang pada dua panel lainnya, yaitu: Pertahanan negara, dan lingkungan hidup. Setelah itu dipilih satu tim penyaji terbaik pada acara YYSF 2019 ini.

Kualitas dan kapasitas para peserta umumnya sangat baik, dengan kemampuan pemaparan dan penguasaan masalah yang baik, terutama antusiasme yang tinggi untuk menjadi yang terbaik. Tidak salah kalau ajang kompetiisi seperti ini dapat menjadi latihan terbaik bagi para mahasiswa dalam rangka mengembangkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan dan kepedulian dalam turut serta memecahkan permasalahan strategis nasional.

YYSF 2019 ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Universitas Gajah Mada, merupakan ajang tahunan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas mahasiswa dalam berkontribusi pada upaya pemecahan masalah atas isu-isu strategis nasional.

(Aam Bastaman).

Photo: Istimewa

YYSF 2019 UGM.jpg
Aam BastamanComment