Desa Masangan Tumbuhkan Sentra Industri Kecil di Desa

Masangan.jpg

Laporan Gedhe Nusantara terbaca oleh Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono bahwa di Desa Masangan geliat industri kecil semakin bergairah. Desa Masangan merupakan salah satu desa di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Gerak ekonomi desa dipicu oleh para pengrajin keset, sandal dan sepatu kulit. Sejumlah produk para pengrajin Desa Masangan mampu menembus pasar di wilayah Jawa Timur hingga Kalimantan. Ada tiga jenis usaha berkembang pesat di desa ini, yaitu pembuatan keset, sandal/sepatu kulit, hingga meubel. Karene itu, industri kecil di Desa Masangan menjadi ikon dan potensi produk unggulan desa. Terlebih, sejumlah perajin mampu melebarkan sayap hingga ke luar daerah.

 Industri kecil, khususnya pengrajin sandal, sudah dimulai pada era 1990-an. Mulanya hanya satu perajin, namun semakin lama bertambah menjadi lima kelompok perajin. Satu kelompok perajin sandal kulit dapat menyerap hingga 12-15 tenaga pemuda sekitar untuk bekerja sebagai perajin. Salah satu pengusaha yang sudah berproduksi hingga 18 tahun adalah Asy’ari. Perajin sandal kulit ini membutuhkan bantuan 15 pemuda desa setempat. Apalagi menjelang hari lebaran. Permintaan sandal kulit meningkat drastis, bisa lebih banyak 2-3 lipat dari bulan-bulan biasa.

 Selain kualitas, keunggulan produk kerajinan Desa Masangan adalah harganya sangat terjangkau. Untuk sandal kulit anak dijual dengan harga Rp 27 ribu, sedangkan untuk sandal dewasa dijual dengan harga sampai Rp 65 ribu.

 Produk pengrajin dari Desa Masangan telah menjadi salah satu ikon merchandise dari Kabupaten Pasuruan. Bila berkunjung ke Pasuruan, para pelancong merasa tak lengkap bila tak membawa oleh-oleh kerajinan dari Masangan.

Haryono SuyonoComment