Workshop Pengenalan Dunia Kerja Jadikan Agenda Rutin

Workshop Pengenalan Dunia Kerja Angkatan I bagi Calon Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Bekasi berlangsung sukses. Acara Yang diselenggarakan Dinas Tenga Kerja Kabupaten Bekasi ini menuai tanggapan positif dari seluruh peserta. Sebanyak 70 siswa dari 13 SMK di Kabupaten Bekasi mengungkapkan rasa bangga, haru dan beruntung bisa mengikuti kegiatan itu. Tak pelak, jajaran Dinkes Kabupaten Bekasi pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan narasumber atas berhasilnya acara itu.

smk bekasi2.jpg
smk bekasi1.jpg
smk1.jpg

 

Kepala Seksi Pelatihan dan Konsultasi Peoduktivitas Drs Juli Suhartono, MM mengungkapkan rasa bangga dan salut kepada seluruh peserta yang selama tiga hari tetap antusias dan tidak kendor semangatnya mengikuti kegiatan itu. “Saya salut dengan kelian, sudah tiga hari ini mengikuti workshop tetapi semangatnya masih okey. Apalagi saya lihat dengan seluruh narasumber dan pengajarnya okey punya,” tutur Juli Suhartono saat menutup acara ini mewakili Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi yang berhalangan hadir.

“Kalian termasuk yang beruntung, karena terpilih oleh sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan ini. Kalau tidak bisa memanfaatkan waktu yang diberikan itu, tentu sangat disayangkan. Saya harapkan, apa yang sudah disampaikan oleh para narasumber menjadi bekal kalian untuk ke depannya,” ungkapnya di hadapan seluruh peserta dan sejumlah staf Disnaker Kabupaten Bekasi seraya mengajak seluruh hadirin memberi apluas atas kesuksesan kegiatan itu.

Di hadapan puluhan peserta, dirinya meminta ilmu yang didapatkan bisa ditularkan kepada yang lain. “Saya juga minta tolong, sebarkan kembali ilmu yang didapat di sini kepada teman-teman kalian di sekolah. Jangan buat sendiri. Karena ilmu yang bermanfaat itu kita bagikan kepada yang lain biar bisa bermanfaat juga. Karena itu akan menjadi amal yang akan terus mengalir bagi kita. Jadi ilmu yang sudah didapat ini dipegang sendiri,” tegas Juli Suhartono.

”Kalian siap gak?” tanya Juli kepada seluruh peserta.

“Siappp…,” jawab seluruh peserta dengan penuh semangat dan kompak.

“Ingat, jawaban kalian, kesiapan kalian akan membagikan ilmu yang didapat di sini disaksikan para malaikat dan tentu Alloh SWT. Jadi kalian harus laksanakan, jangan punya ilmu hanya dipegang sendiri. Jangan beranggapan bila ilmu itu dibagikan kepada yang laing, nanti dia yang dapat kerja gua enggak. Jangan seperti itu, karena rezeki itu sudah ada yang mengatur,” ujar kata Juli Suhartono seraya berdoa semoga semua harapan dan cita-cita peserta bisa tercapai dan kegiatan itu bukan saja bisa menambah silaturahim juga menjadi bekal ilmu yang berguna di kemudian hari.

Tampak hadir dalam acara itu Kasie Pengukuhan dan Analisa Produktivitas H Supriyadi, SAg, MM,  Staf Disnaker  Kabupaten Bekasi Gustanti Listyani, SKM, Lilis Suryani, SAp, Sulaeman Sidik, Bastian Nugroho, AMD, Mohamad Ridhwan, SIP, MSi dan sejumlah guru pendamping serta para narasumber.

Harapan Kepala Seksi Pelatihan dan Konsultasi Produktivitas Drs Juli Suhartono, MM, diaminkan Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM. Selaku pemberi materi dirinya pun meminta ilmu yang didapapkan dari narasumber jangan hanya ditulis dan diingat, tetapi yang paling penting adalah dilaksanakan dan diwujudkan.  “Jadi, apa yang didapakan dari kegiatan ini laksanakan dengan fokus dan komitmen kapanpun dan di manapun,” pintanya.

Peserta wokshop pun menyanggupi permintaan jajaran Disnaker Pemkab Bekasi dan narasumber. Bahkan sejumlah peserta meminta kegiatan itu bisa terus dilaksankan. “Saya berharap acara seperti ini jangan sampai berhenti di angakatan I ini saja, kalau bisa kegiatan seperti ini dijadikan agenda rutin dan dilaksanakan terus menerus, supaya lulusan SMK di Bekasi ini maju dan seluruhnya bisa menempati perusahaan-perusahaan yang ada di Bekasi,” tutur Karunia Rahmandika siswa SMK Negeri 1 Setu, Bekasi penuh semangat seraya menambahkan kegiatan ini pun bisa menjadi peredam terjadi tawuran di antara siswa dan perekat silaturahim antar sekolah.

Dirinya pun mengungkapkan kesan positif setelah mengikuti acara ini. “Acara ini sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi anak-anak SMK di Bekasi. Sehingga kami bisa mengetahui ilmu dan strategi apa saja yang harus dipersipkan untuk bisa memasuki dunia kerja,” ujar Karunia Rahmandika.

Hal senada juga disampaikan Kania Najmi A siswa SMK Mitra Industri MM 2100 Bekasi. Dirinya meminta kegiatan ini juga bisa diteruskan dan bisa diperbanyak jumlah peserta setiap sekolahnya. Ia pun mengukapkan kesan yang mendalam dari kegiatan yang diikutinya itu. “Saya sangat senang bisa mengikuti acara ini, karena wawasan saya bisa lebih luas lagi. Wawasan soft sklis yang diberikan narasumber juga sangat bermanfaat bagi masa depan. Selain itu, bisa nambah teman dan apa yang belum saya dapatkan di sekolah bisa didapatkan di sini,”ungkap Kania sumringah. ADS

Ade Sudrajat1 Comment