Pasar Kampung Kampung Sereh untuk Mama-Mama di Papua

 

Karena jauh dari Jakarta relatif sulit mendapatkan berita atau kegiatan yang terjadi di Papua. Namun ternyata Pemerintah Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura, telah mengalokasikan Dana Desa (DD) senilai 12 juta rupiah untuk membangun Pasar Kampung. Di Kampung ini dibangun Pasar Kampung yang terletak di RW 01 RT 02, Pasar Kampung Sereh menampung Mama-mama Papua (sebutan untuk perempuan yang sudah menikah di Papua) yang berjualan hasil bumi, buah-buahan, dan aneka kebutuhan sehari-hari.

 

Pembangunan Pasar Kampung merupakan amanat Musyawarah Kampung Sereh 2016 yang diwujudkan pada pertengahan 2017. Meski bangunan pasar sangat sederhana, masyarakat Kampung Sereh, khususnya para mama menyambut pasar itu dengan antusias. Pasar itu dianggap memenuhi dambaan para mama yang langsung memanfaatkan pasar dengan baik.

 

Pemerintah Kampung Sereh  ikut aktif dalam promosi kegiatan pasar sederhana yang mulai menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat. Pemerintah juga merencanakan lebih banyak layanan keuangan untuk mendukung aktivitas para mama di pasar supaya tidak terjerat oleh bujuk rayu para rentenir. Nikson Wanimbo, Sekretaris Kampung, Plt Kepala Kampung Sereh menjelaskan bahwa pembangunan pasar kampung merupakan salah satu bentuk praktik inovasi dalam bidang pembangunan infrastruktur (sarana dan prasarana) yang mendukung program pemberdayaan ekonomi masyarakat, yaitu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, memperbaiki kualitas hidup masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan. Pembangunan ini juga karena peran pendamping desa yang aktif menyusun program pembangunan desa, tata pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.

Haryono SuyonoBUMDES