Bank Sampah PKK Gemawang Ubah Sampah Jadi Pendulang Ekonomi

Seperti umumnya Gerakan PKK di masa lalu, di Desa Gemawang gerakan para ibu itu juga mengubah masalah sampah menjadi pendulang ekonomi rumah tangga. Dari pengamatan Haryono Suyono, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT, urusan sampah seringkali melahirkan kesan buruk, seperti kumuh dan menjijikkan. Untuk mengubah kesan itu, para Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Gemawang, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, seperti banyak PKK di daerah lainnya, membentuk Bank Sampah. Kegiatanya mengajak anggotanya menjadikan sampah bukan lagi sebagai masalah, tapi dijadikan potensi ekonomi rumah tangga, sampah dijadikan penghasil pendapatan rumah tangga.

 

Biarpun kegiatan PKK sudah berlangsung lama, tetapi pada medio 2017. PKK Desa Gemawang menyelenggarakan pelatihan tentang Bank Sampah yang dibiayai Dana Desa 2017. Meski pelatihan sangat singkat, pelatihan itu langsung diarahkan menyegarkan pengaturan sampah dalam Bank Sampah. Para kader PKK langsung mendirikan Bank Sampah PKK Gemawang. Langkah ini bertujuan melanjutkan kegiatan masa lalu sekaligus membuat lingkungan yang bersih.

 

Bank Sampah PKK Gemawang mengajak para anggota mengumpulkan dan memilah sampah. Sampah yang sudah terkumpul dan terpilah selanjutnya dikirim ke tempat pengolahan sampah diolah menjadi kerajinan dari sampah. Pengelolaan Bank Sampah mirip dengan sistem perbankan. Masyarakat menyetorkan sampah akan mendapat buku tabungan untuk mencatat transaksi setoran layaknya kegiatan menabung di bank.

 

Saat ini, Bank Sampah PKK Desa Gemawang baru tahap pengumpulan sampah. Sampah-sampah yang terkumpul dikirim ke perusahaan pengepul sampah. Pada akhir tahun 2017, PKK Desa Gemawang telah mengajak semua dusun aktif menjadi nasabah Bank Sampah.

 

Syaiful Amin, Sekretaris Desa, menjelaskan bahwa Bank Sampah PKK Gemawang pengepul belum menerima sampah plastik. Akibatnya, sampah plastik menumpuk di Bank Sampah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Bank Sampah berinisiatif mengolah sampah plastik menjadi bijih atau rajangan plastik. Pemerintah Desa Gemawang mendukung gagasan itu dengan membelikan mesin perajang plastik. Dijelakan pula bahwa Bank Sampah PKK Desa Gemawang juga mendapat tanggapan positif dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gemawang. Aktivitas Bank Sampah Desa Gemawang dianggap membantu program Puskesmas di bidang kesehatan masyarakat. Puskesmas Gemawang berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan bank sampah itu.

Haryono Suyono