Yayasan Swastisvarna Gelar Pameran Lukisan Lansia No Problem Peringati HLUN 2024

GEMARI.ID-JAKARTA. Beberapa hari lalu Yayasan Swastisvarna bekerjasama dengan GupeNusa (Guyub Perupa Nusantara) menggelar acara pameran lukisan Lansia di Artland Gallery Kelapa gading, Jakarta Utara. Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh diantaranya, Sekjen LANTIP Indonesia, Bapak Wijono Pontjowinoto beserta tim, Ibu Pia Assa’at dan Bapak Indra, demikian dijelaskan Ketua Yayasan Swastisvarna, Dr Ataswarin Oetopo, MPd kepada Tim GEMARI.ID di Jakarta, Rabu (12/06/2024).

Menurutnya, pameran Lukisan Lansia ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional (HLUN) yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2024 lalu. Kegiatan ini diadakan atas prakarsa dari Yayasan Swastisvarna bekerjasama dengan GupeNusa (Guyub Perupa Nusantara) untuk menampilkan karya lukisan para Lansia, katanya.

Ibu Warin panggilan akrab Ketua Yayasan Swastisvarna menambahkan, dalam kegiatan ini kami tidak menghadirkan para tokoh lansia, karena tempat yang kurang layak bagi lansia khususnya dengan lokasi dan tangga yang kurang nyaman. Namun kami berterimakasih atas kehadiran Sekjen LANTIP Indonesia Bapak Wijono Poncowinoto beserta tim Ibu Pia Assa’at dan Bapak Indra. Acara pameran ini dibuka oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan SWASTISVARNA ibu Dr (HC) Susianty Kawira dan Bapak Liliek Subekti sebagai wakil GupeNusa serta Ketua Pengurus Yayasan Swastisvarna. Rencana  selanjutnya kami akan menghadirkan tokoh-tokoh Indonesia pada Hari Lansia Internasional bulan September-Oktober 2024 di tempat yang lebih layak dengan acara yang lebih meriah, imbuhnya.

Selain itu ia menceritakan suasana di tempat acara, Alhamdullah sangat bernuansa padat kreativitas dengan karya-karya lukis yang beragam tema, corak, aliran, ukuran, dengan peserta serta pengunjung yang penuh ceria, canda gurau, bahagia, komunikatif, seakan belum berusia di atas 60 tahun. Terlebih lagi dengan adanya tema pameran ini adalah LANSIA NO PROBLEM. Dirinya menyakini, bahwa kegiatan  ini sangat bermanfaat, dan manfaat bagi Lansia sebagai peserta pameran lukisan LANSIA NO PROBLEM ini merupakan ungkapan ekspresi, keterampilan, dan kreativitasnya dalam berkarya seni lukis yang menampilkan kualitas hidupnya pada usia lanjut. Penampilan karya lansia tersebut akan memotivasi masyarakat untuk tetap semangat berkarya di bidang apapun, khususnya Seni Rupa sepanjang hayatnya, tuturnya.

Ketua Yayasan Swastisvarna berharap, acara ini dapat membangkitkan semangat pelukis Lansia untuk terus menuangkan, menggoreskan, mengekspresikan kreativitasnya dalam berkarya seni, sehingga meningkatkan kesehatannya, kualitas hidupnya, dan kemandiriannya. Ia menghimbau kepada para Lansia Indonesia agar tetap berkarya, semangat, sehat, berkualitas hidup, mandiri, dan bermartabat, harapannya. @mulyono_dp