Serie 2 : Komponen utama SDGs

Komponen utama SDGs merupakan penyempurnaan dari komponen MGS yang dilaksanakan sampai tahun 2015. SDGs yang dimulai tahun 2-15 memuat 17 target yang satu dan lainnya saling terkait dan apabila dilaksanakan dengan baik akan menaikan kualitas manusia, keluarga dan dukungan kakuatan lingkungan yang harmonis bagi kehidupan yang bahagia dan sejahtera yang berkelanjutan.

Tiga komponen utama tersebut sesungguhnya merupakan openyempurnan Human Devepopment Index (HDI) yang relah dianjurkan PBB jauh terlebin dahulu sejak tahun 1990 dan berlangsung sampai sekarang.

Komponen pertama SFGs adalah Kesehatan dan KB yang merupakan upaya menganjurkan penduduk berusia panjang, sehat dan memiliki dinamika tinggi untuk maju. Kompomem imi sangat memerlukan air bersih untuk konsumsi ummat manisia sehinga sekaligus memelihara kelangsungan hidup sehat tersebut.

Komponen ini termasuk KB yang mengusaahakan  setiap keluarga mampu memelihara kesehatan dan tumbuh kembang anak cucu dan anggotanya dengan baik.

Karena itu bagian penting dari kumpulan usaha yang diperlukan dalam kelomok komponen ini adalah pengentasan kemiskinan melalui upaya pemberdayaan, nukan sekedar charity atau bantuan sembako yang tidak berkelanjutam, semata agar secara bertahap keluarga miskin dapat makan sehari dua hari. Bantuan pemberdayaan menjamin setiap keluarga yang memiliki ketrampilam bekerja dan bisa bekerja secara kontnue menjamin kehidupan diri dan keluarganya.  

Karena itu prakarsa kerja sama ASEAN Menteri Desa dan PDTT harus segera diikui oleh jajaran Menteri Kesehatan dan Kepala BKKBN serta upaya terpadu pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan secara terpadu agar setiap keluarga bisa menjamin hidup sehat yang lestari. Perhatikan serie selanjutnya …..

Haryono SuyonoComment