Ambar Rahayu : PUSPA Wadah Mencari Ilmu Bagi Keluarga, Remaja dan Masyarakat

Koordinator Tenaga Ahli PUSPA, Ambar Rahayu saat menjelaskan program PUSPA dihadapan para peserta Rapat Kolaborasi JUKEN dengan BKKBN Pusat.

GEMARI.ID-BEKASI. Disela-sela Rapat Kolaborasi JUKEN dengan BKKBN Pusat yang digelar di Kawasan Jetibening, Kota Bekasi, salah satu anggota JUKEN dan juga sebagai koordinator Tenaga Ahli PUSPA, Ambar Rahayu berkesempatan untuk menjelaskan kepada para peserta rapat terkait dengan program PUSPA atau Pusat Pelayanan Keluarga. Menurutnya, PUSPA awalnya adalah suatu wadah untuk memberikan pelayanan kepada keluarga terutama untuk melaksanakan 8 fungsi keluarga, dan juga untuk melaksanakan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan keluarga dan perlindungan Anak. Kamis (21/12/2023).

Ambar Rahayu saat diwawancarai awak media menjelaskan, bahwa manfaat dari PUSPA adalah mendekatkan akses kepada masyarakat agar mereka mempunyai saluran yang tepat untuk berkonsultasi, menerima pendidikan ataupun edukasi dan juga semacam curhat gitu, jadi kalau ada permasalahan dia bisa curhat di saluran yang tepat, sehingga mendapatkan solusi yang tepat, karena di PUSPA ada 16 konselor yang profesional yang terlatih, sehingga mereka tahu bagaimana cara menghadapi keluarga dengan berbagai permasalahan, tidak hanya keluarga tetapi juga remaja, termasuk anak-anak yang mengalami bullying dan sebagainya, jelasnya

Terlihat serius para peserta Rapat Kolaborasi menyimak paparan dari Ambar Rahayu tentang program dan kegiatan PUSPA.

Selanjutnya ia mengatakan, sementara ini memang kami melakukan sosialisasi, advokasi kepada semua OPD di lingkungan Pemda DKI Jakarta dan juga ke lapangan, ke pelayanan-pelayanan berbasis masyarakat, seperti di RPETRA, kemudian Posyandu, PKB, PKR, tetapi memang kendalanya kadang-kadang untuk mengakses layanan PUSPA itu tidak semuanya sudah tahu, jadi ini yang memang harus terus dilakukan advokasi, sosialisasi secara terstruktur begitu. Jadi ada segmennya, materinya apa kalau ini semuanya sudah tergerak bahwa itu menjadi suatu kebutuhan, Insyaallah nanti klientnya meningkat, karena sementara ini targetnya 1 tahun itu hanya 1500 klient yang konsultasi, tetapi sampai saat ini belum sampai setahun itu sudah 3.702 klient yang konsultasi. Itu artinya banyak orang yang merasa puas, karena kami juga menilai, mengevaluasi pelayanan itu dengan tingkat kepuasan pelanggan. Jadi mereka puas, sangat puas, tidak puas, jadi ada skala-skala penilaiannya, katanya.

Dirinya menyarankan kepada masyarakat luas untuk membuka webnya PUSPA, yaitu Puspa.Jakarta. Nah, nanti di sana bisa dipilih maupun konsultasi tentang apa sesuai dengan kebutuhannya, kemudian konselor yang mana yang dipilih, jam berapa, disana sudah tertera karena jadwalnya sekarang masih ditambah, tidak hanya online tetapi juga offline, sarannya.

Dirinya berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan PUSPA ini sebagai wadah untuk mencari ilmu, karena di sana adalah wadah untuk merencanakan keluarga, pembina keluarga yang bahagia sejahtera dan juga bagaimana menghindari kekerasan dalam rumah tangga, memberikan hak-hak dan perlindungan kepada anak itu semuanya bisa dipelajari melalui Akademi PUSPA dan juga apabila ada permasalahan bisa langsung berkonsultasi dengan para konselor yang sudah terlatih dan kompeten, harapannya. @mdp

Ade SudrajatComment