Inovasi Program Kesehatan perlu dipercepat

Dewasa ini diperlukan entepremeurship dengan inovasi yang sangat menarik dan luas dalam berbagai bidang pembangunan termasuk dalam bidang Kesehatan yang bisa menggegerkan dunia seperti di masa lalu. Masalahnya beberapa jenis penyakit juga berkembang makin maju berhubung adanya persaingan mendapatkan sasaran yang makin maju dalam bidang pencegahan.

Bidang Kesehatan perlu mengadopsi konsep entrepreneur atau inovasi yang lebih berani dan menguntungkan. Konsep inovasi itu perlu dikerjakan dalam pelaksanaan treatmen dalam bidang diaknosa dan penanganan operasional di lapangan yang lebih luas. Dalam diaknosa, system yang dikembangkan Google melalui diagnose dengan bantuan internet secara operasional dalam bidang Kesehatan sudah sangat maju sehingga public sudah sangat pandai mengenal beberapa jenis penyakit sehingga para dokter harus peka dan cerdik dalam perlakuan diaknosa tersebut.

Apabila salah Langkah bisa menjadi bahan ketawaam pasien yang akhirnya mengurangi kepercayaan. Apalagi bidang Kesehatan selalu berhadapan dengan  serangan penyakit yang bisa hidup dari alam yang tidak mudah dihancurkan karena system penghancuran dengan menggunakan obat obatan akan meninggalkan sisa yang melekat pada hasil komsumen yang berakibat mutu hasil manusia sehat terganggu dan bisa menyebabkan secara kumulatif pengaruh Kesehatan konsumen atau manusia yang mengkosumsi hasil terobatinya manusia tersebut.

Hasil pengobatan manusia dengan residu zat kimia yang tertinggal menempel pada produk hasil pengobatan pada manusia yang bersifat langgeng tersebut. Entrepreneurship itu bisa dan harus dimulai dari hal atau praktek sangat sederhana sampai pada mekanisasi bidang kesehtan manusia modern dalam bentuk industri besar besaran yang menyangkut modal dan pelaksana yang luar biasa menjadi acuan yang perlu diperhatikan.

Dalam inovasi sederhana bisa dimulai dari praktek lapangan oleh penduduk yang terbukti ampuh untuk disiarkan secara luas kepada kelompok penduduk lain yang belum mengenal cara penggunaan pratek lapangan tersebut.

Daerah lain mungkin memiliki kelompok penduduk dengan pamyakit serupa tetapi belum terpikir mengolah secara praktek melalui metoda sederhana tetapi menguntungkan tersebut. Mereka tidak biasa sehingga manusia yang ada tidak mendapat manfaat yang tersedia, sederhana dan menguntungkan.

Salah satu inovasi itu adalah penggunaan cara diagnosa tertentu oleh masyarakat dan pemduduk sendiri yang bisa sangat ampuh mengenal yang sakit itu melalui keadaan dimana setiap kelainan bisa dideteksi secara bertingkat tingkat. Setiap rasa sakit terasa karena mendapat aliran akibat yang tidak teratur dan cukup dari aliran darah atau masukan lain dari pusat sampai saluran terakhir.

Contoh inovasi sederhana adalah bagaimana mencegah penularan gangguan penyakit pada penderita. Manusia dengan mudah menularkan penyakit pada manusia lainnya. Salah satu inovasi sederhana adalah dengan membuat penyekat sempit nemisahkan penderita yang sangat mendalam sakitnya sehingga dari satu penderita tidak cepat meluas kepada penderita lainnya. Batasan pemisahan itu tidak boleh membuat kemudahan pengolahan Kesehatan preventif manusia yang sehat dengan segi-segi preventif olahan moderen lainnya.

Prinsip inovasi ini harus sederhana tanpa menjadi hambatan menuju penanganan manusia sehat dan modern lain dengan alat yang lebih canggih lainnya. Inovasi sederhana itu merupakan awal dari Gerakan masyarakat pro inovasi yang luas dan menguntungkan.

Contoh yang mengejutkan dunia adalah manajemen penanganan program KB di masa lalu yang melibatkan masyarakat luas ternyata mengejutkan dunia. Terdapat ada kesalahan tetapi keuntunganya jauh melampaui kesalahan yang dengan mudah bisa dikoreksi. Akibatnya contoh inovasi baru itu menyebar keseluruh dunia dengan lancar dan berhasil megatasi persoalan pokok yang belum ketemu penyelesaiannya secara tuntas.

Di masa lalu melalui kerja gotong royong dengan komitmen yang tinggi berhasil diturunkan angaka kelajiran sebagai budaya baru yang rendah sehingga mengakibatkan keseimbangan penduduk yang mengejutkan dunia. Keseimbangan itu masih dibayangi angka kematian yang tinggi sehingga bisa goyah manakala  anka kematian itu turun, apalagi kalau turunnya drastic. Keseimbangan itu terganggu dan pola Pembangunan juga akan berbah, apalaghi kalau perubahan itu menyebabkan kepercyaan yang berubah. DSeluryh tatanan dan asumsi kita berubah total.

Karena itu perlu inovasi dalam bidang Kesehatan yangn dibuka secara publik sehingga rakyat banyak melihat inovasi itu serta sanggup menerima sebagai solusi nasional yang diidam-idamkan. Solusi nasional itu perlu dimulai dari upaya menurunkan tingkat kematian bayi, termasuk menghilangkan stunting, serta berat badan bayi yang dilahirkan kurang dari tiga kilogram. Upaya menurunkan kematian bayi ini segera diikuti dengan Upaya menurunkan tingkat kematian anak balita, anak muda atau anak-anak SD dan SMP sehingga anak-anak usia SMA secara langsung akan lebih sehat dan tumbuh subur dengan partisipasi sekolah yang tinggi tanpa interupsi sakit. Penurunan kematian anak itu diikuti dengan turunnya angka kematian ibu hamil dan melahirkan yang sekarang masih sangat tinggi.

Dengan penurunan berbagai angka kematian itu akan dicapai keseimbangan baru penduduk di Indonesia sehingga dengan mudah bisa dipersiapkan sumber daya manusia yang lebih meyakinkan untuk Indonesia dalam menuju kepada penduduk seimbang yang berkualitas Pendidikan tinggi pda saat upacara hari kemerdekaan RI yang ke seratus nanti pada tahun 2045 dengan lebih pasti.  

Haryono Suyono1 Comment