Lauk Lele Produk BUMDes Kartadesa Desa Sambak

lauk+lele.jpg

Gedhe Nusantara dari Tim Kerja Kementerian Desa PDTT melaporkan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kartadesa di Desa Sambak terus berinovasi melahirkan produk unggulan desa. Setelah sukses meluncurkan produk Balung Kuwuk (Bawuk) dan Telo Karto (Keripik Getuk), tahun ini BUMDes Kartadesa memproduksi produk bernama Lauk Lele. Di masa pandemi visrus Covid-19, produk ini sudah laku terjual lebih dari 1.000 bungkus.

BUMDes Kartadesa merupakan lembaga ekonomi Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lauk Lele merupakan produk ketiga yang sukses dipasarkan oleh BUMDes Kartadesa. Konsumen produk kuliner ini tak hanya berasala dari wilayah Kabupaten Magelang, tapi juga dari Tangerang dan Bekasi.

Lauk lele dibuat oleh warga setempat, lalu Unit Produksi dan Pemasaran BUMDes Kartadesa melakukan inovasi pengemasan dan pemasaran. Kemasan didesain sangat ciamik sehingga produk perdesaan ini mampu menembus pasar kelas menengah perkotaan. Pemasaran luar daerah mengandalkan platform online markering melalui sejumlah Marketplace asli Indonesia, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Bahan baku produk Lauk Lele dipasok dari budidaya ternak lele alami yang dilakukan oleh warga Desa Sambak sehingga sangat fresh dan bermutu tinggi. BUMDes Kartadesa membandrol Lauk Lele dengan harga Rp 20 ribu perbungkus. Rasa dari lauk lele ini sangat gurih karena dibuat dari lele segar dan bumbu rempah-rempah pilihan. Ikan Lele, seperti kita ketahui memang kaya akan manfaat karena mengandung protein, Vitamin, Omega 3 yang sangat baik untuk tubuh. Karena kaya gizi inilah, kemudian BUMDes menyajikannya dalam kemasan siap konsumsi.

BUMDes Kartadesa memerankan diri sebagai lembaga pengendali mutu. Berkat kedisiplinan dan keuletan itu, BUMDes Kartadesa mampu melahirkan produk-produk berkualitas tinggi. Ambil contoh, produk Lauk Lele dikenal sangat renyah dan memilik masa kadaluarsa hingga empat bulan.

BUMDes Kartadesa dikelola oleh para pemuda kreatif di Desa Sambak. Manajemen pengelolaan BUMDes sangat profesional dan layak dicontoh. Mereka juga terus berinovasi untu menciptakan produk baru dari dunia perdesaan. Ayo cobain Lauk Lele, nikmati renyah dan gurihnya. Lauk lele sangat tepat menjadi pelengkap menu di meja makan Anda. Hemat, praktis, dan nikmat.

Haryono SuyonoComment