Desa Pedak Kembangkan Wisata Seribu Bogor

Pedak.jpg

Tim Kerja Ruang Kendali Inovasi Desa dan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT melaporkan bahwa Desa Pedak tengah mempersiapkan “Festival Nuansa Alam Seribu Bogor”. Festival ini merupakan program inovasi untuk memperkenalkan pohon aren atau siwalan yang menjadi sumber daya desa. Festival ini akan dilaksanakan pada pertengahan Maret 2020 dan dimeriahkan dengan kegiatan sepeda santai.

Desa Pedak terletak di Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lokasi Wisata Seribu Bogor sudah memiliki fasilitas Rumah jualan sedikitnya berjumlah 17 unit, sementara Gasebo ada 6 unit. Untuk kuliner khasnya, Desa Pedak menyiapkan menu siwalan dan legen. Program desa wisata diambilkan dari dana desa dengan anggaran sebesar Rp 77 juta.

Pengembangan Wisata Seribu Bogor bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi warga Desa Pedak, terutama kaum perempuan yang akan berjualan menu khas Desa Pedak. Selain itu, sektor wisata diharapkan bisa menjadi unit bisnis yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Pedak.

Festival Seribu Bogor akan dimeriahkan oleh kelompok musik Angklung Dasun dan gratis minum legen. Bagi pengunjung yang membawa putra dan putrinya, Lokasi Wisata Seribu Bogor telah menyiapkan tempat bermain bagi anak yang aman dan nyaman. Bahkan, bagi pengunjung yang gemar berfoto ria atau berselfie juga sudah disiapkan tempatnya. Karena itu kepada mereka yang berminat diharapkan segera menyiapkan diri, tetapi cukup waspada harapannya masalah wabah Corona sudah berakhir, kalau belum ada kemungkinan akan ditunda sampai masalah wabah dapat diatasi.

 

Haryono SuyonoComment