BUMDes Kertamukti Sentra Produksi Aneka Roti

roti-bumdes-kertamukti-sukabumi.jpg

Tim Inovasi Desa dalam laporannya menyampaikan bahwa awal Maret Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kertamukti, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat selama dua tahun ini konsisten memberdayakan masyarakat dalam usaha kuliner. Salah satunya dengan sentra pembuatan roti. Produk itu dinamakan Roti BUMDes Kertamukti Bakery. Produk itu dibuat melalui tangan-tangan terampil warga Kampung Bojongkerta, Desa Kertamukti. Rasanya yang lembut membuat lidah bergoyang. Roti buatan BUMDes Kertamukti bisa tahan berhari-hari dengan rasa yang tetap legit, lembut, dan enak, meski tanpa bahan pengawet. Kegiatan itu sudah berjalan dua tahun dan menjadi primadona warga Kampung Bojongkerta,

Unit usaha produksi roti dan bakery terinspirasi oleh ibu-ibu di Kampung Bojongkerta yang terampil dalam membuat roti. Lalu, kelompok usaha roti itu bekerjasama dengan Pemdes Kertamukti mengembangkan usaha Roti BUMDes Kertamukti Bakery. Produksi Roti BUMDes Kertamukti Bakery itu berbahan dasar tepung terigu, susu dan gula yang diolah sedemikian rupa. Rasanya yang lembut menjadikan roti banyak diminati, sehingga BUMDes Kertamukti mengaku belum mampu memenuhi kebutuhan pasar akibat ada terbatas dalam proses produksi.

Roti dan bakery dipasarkan di perusahaan, kantor pemerintahan, toko-toko, hingga warung-warung kecil. Ke depan, BUMDes Kertamukti ingin mengembangkan bisnis dengan merambah pemasaran ke berbagai wilayah Sukabumi. Masyarakat menilai  bahwa pendekatan inovasi dan kreativitas yang dilakukan di desa terbukti membawa dampak positif bagi perbaikan tata kelola desa. Hal itu menjadi wujud dari Gerakan Desa Membangun untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Haryono SuyonoComment