Alhamdulillah, Lansia Potensial “tetap produktif” di berbagai negara

Penduduk lanjut usia ternyata “tetap produktif” di berbagai negara. Suatu penelitian yang dilaporkan dari Negeri Barat, dalam Jurnal Kedokteran New England nomor 70.389 pada tahun 2018 menyatakan bahwa banyak perusahaan merekrut penduduk di atas usia 60 tahun untuk posisi senior. Alasan yang diberikan adalah bahwa lansia pada usia di atas 60 tahun itu lebih produktif. Lebih lanjut sebuah studi besar-besaran di Amerika Serikat menemukan bahwa usia paling produktif dalam hidup seorang pria adalah  dalam usia 60-70 tahun di bandingkan yang di bawah 60 tahun. Ternyata usia paling produktif ke dua adalah pada usia 70 - 80 tahun.

Usia paling produktif ke tiga adalah 50 - 60 tahun, bahkan menurut catatan lembaga tersebut, usia rata-rata pemenang hadiah Nobel adalah 62 tahun. Lebih lanjut dilaporkan bahwa  pada Perusahaan Fortune 500, usia rata-rata seorang CEO adalah 63 tahun. Lebih lanjut Jurnal itu mencatat bahwa usia rata-rata pendeta dari 100 gereja terbesar di Amerika adalah 71 tahun dan usia rata-rata Paus adalah 76 tahun.

Kenyataan tersebut menjelaskan kepada kita bahwa  manusia “tidak perlu takut” menjadi “lansia” karena Tuhan menjamin bahwa tahun-tahun terbaik dalam hidup Anda adalah pada usia 60-80 tahun, itu saat Anda bekerja dengan prestasi.

Di Asia telah terbukti bahwa di Singapura kita pernah mencatat bahwa Perdana Menteri Lee Kuan Yew menjabat Menteri Senior saat sudah sangat lanjut usianya. Perdana Menteri dr. Mahatir Muhammad dari Malaysia menjabat Perdana Menteri pada usia sekitar 90 tahun dan baru saja menyerahkan jabatannya pada yuniornya. Di Jepang umumnya para Menteri juga berusia lanjut sehingga sesungguhnya tidak menjadi monopoli di negara Barat saja. Dalam hal-hal tertentu juga berlaku di Indonesia. Kita mencatat bahwa Bapak Yusuf Kala pada waktu menjabat sebagai Wakil Presiden berada pada usia sekitar 70 tahun, bahkan Wakil Presiden kita Bapak Dr. Moh Amin sudah juga berada pada usia yang sepuh.

Dalam profesi lain, Ibu Prof. Dr. Clara dari IPB yang ahli sutera yang sangat terkenal, pada usia diatas sepuh masih mengasuh dengan gemilang acara Webinar setiap bulan dengan pengikut yang sangat banyak. Penulis sendiri, Prof. Dr. Haryono Suyono,  pada usia sekitar 28 tahun, oh salah, di atas 82 tahun, masih dipercaya membantu Menteri Desa PDTT sebagai Ketua Tim Pakar. Mari kita doakan semoga makin banyak para senior yang potensial tetap sehat segar bugar membantu pembangunan bangsa yang gegap gempita di tanah air tercinta dengan prestasi yang sangat tinggi. Aamiin YRA.

Haryono SuyonoComment