Memanfaatkan Tenaga Profesional untuk Pengembangan Usaha Desa

Tiram.png

Biasanya perusahaan besar melalui berbagai cara, iklan di Media Massa, jasa konsultan atau bahkan memesan kepada Perguruan Tinggi atas tenaga terdidik dan terlatih untuk bekerja pada perusahaan manakala memenuhi syarat yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono mulai melihat ada dan makin banyak desa, karena adanya dana desa yang mengalir langsung ke desanya, memanfaatkan tenaga ahli untuk ikut serta membangun usaha ekonomi di desanya.

Salah satu yang menarik adalah Pemerintah Desa Pagarawan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berpenduduk sekitar 3.917 jiwa mengambil prakarsa bermitra dengan tenaga profesional dalam mengembangkan potensi sejumlah usaha produktif desa dengan menugasi petugas pengelola mengurus kegiatan usaha - usaha yang dikembangkan di desa tersebut.

Keberanian mengambil prakarsa memperkerjakan tenaga profesional tersebut karena dengan dana desa yang melimpah Desa ini berhasil membentuk Bumdes tetapi akan mengambil waktu yang lama guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia untuk mengelola usahanya. Untuk itu guna mengelola BUMDes agar lebih siap dengan usaha-usaha yang ditanganinya agar mendatangkan pendapatan bagi desa, sekaligus memenuhi kebutuhan warga, daimbil prakarsa memperkerjakan tenaga profesional.

            Usaha produktif yang dikerjakan Bumdes di Desa ini diantaranya budidaya ikan air tawar dan budidaya jamur tiram dengan harapan usaha-usaha produktif tersebut yang sedianya akan dikelola oleh BUMDes secara mandiri, dipergunakan tenaga profesional yang ditugasi mengelola usaha tersebut sekaligus melatih tenaga yang aru. Dengan demikian, Desa menerima pendapatan signifikan dari usaha yang dikembangkan.

Usaha jamur tiram memberi pemasukan Rp 8,7 juta dalam jangka waktu enam bulan dan BUMDes sekligus ikut belajar secara langsung tentang pengelolaan dan pengembangan usaha produktif dari yang dilakukan tenaga profesional. Usaha lain, usaha pemeliharaan ikanya juga berkembang. Untuk informasi lebih mendalam dipersilahkan berhubungan dengan Kepala Desa Pagarawan, Ahmad Zainudin nomor hp 085266212515, atau Direktur Bumdes Soemaryono, nomor hp 08127823064 dengan alamat RT 03, Dusun 11, Desa Pagarawan, Kecamatan Marawang, Kepulauan Bangka.

 

Haryono SuyonoComment