BUMDes Karya Makmur Menjamin Pasar Petani Sawit Kecil

Karya Makmur.png

Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono melihat karifan petani sawit kecil yang menarik di Kalimantan Tengah yang dengan akalnya membentuk suatu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dinamkan Bumdes Karya Makmur. Bumdes yang berada di Desa Pangkalan Tiga, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah yang berpenduduk sekitar 3000 orang tersebut dibentuk pada tahun 2014 dengan unit usaha jual beli sawit, jual beli pupuk non subsidi dan menjadi pengumpul (pengepul) untuk hasil panen petani sawit skala kecil di bawah dua hektare. Melalui kegiatannya itu Bumdes tersebut menjadi penjamin petani kecil memiliki kepastian pasar. Karena kegiatan itu BUMDes bisa bersaing dengan pengepul besar yang sudah ada.

                BUMDes Karya Makmur lahir karena petani yang memilik kebun dengan luas kurang dari dua hectare dan rata-rata panen di bawah 2 kuintal susah menjual hasil panenya karena Pengepul besar lebih mengutamakan mengambil hasil panen besar di atas setengah ton. Setelah  lahir BUMDes Karya Makmur menjadi pengumpul (pengepul) hasil panen dari petani kecil, akhirnya Bumdes ini menjadi penolong petani kecil menjual hasil panen mereka ke pabrik kelapa sawit.

                Berkat adanya Bumdes ini hasil penjualan sawit kepada BUMDes bertambah dari 50 petani menjadi 125 petani. Sebanyak 50 persen lebih dari 125 petani tersebut memiliki lahan di bawah 2 hektare. Dengan kegiatan itu, BUMDes mampu berkontribusi terhadap pendapatan asli desa (PAD) sebanyak Rp 20 juta pada tahun 2016. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BUMDes Karya Makmur bisa menghubungi Kepala Desa Pangkalan tilpon hp 081350557686 atau Direktur Bumdes Karya Makmur tilpon nomor 085305617267.

Haryono SuyonoComment