Menteri Desa PDTT memberi perhatian tinggi pada Akademi Desa 4.0

EkoP.jpg

Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo bersama Sekjen Anwar Sanusi dan para Dirjen terkait, akhir minggu lalu sekali lagi melakukan pertemuan evaluasi terhadap kemajuan pelaksanaan Akademi Desa yang untuk prioritas utama ditujukan kepada semua Pendamping Desa dari seluruh Indonesia.

Ibu Dr. Helmiyati dan staf yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Akademi Desa 4.0 yang bekerja sama dengan Universitas Terbuka di Jakarta dan Kelompok Perguruan Tinggi mitra Kementerian Desa PDTT (Prertides), yang telah mengadakan persiapan penyusunan bahan ajar yang dihimpun dari hampir semua jajaran Kementerian Desa PDTT, beberapa waktu lalu telah menyatakan kesiapannya untuk mulai kuliah bagi ribuan peserta pertama pada bulan Mei ini segera setelah pendaftaran para mahasiswanya lengkap.

             Para Dirjen melaporkan bahwa dalam lingkungan Dirjen masih banyak dokumentasi kegiatan Bumdes atau kegiatan lain yang berhubungan dengan pembangunan desa. Menteri memberi petunjuk agar bahan-bahan tersebut dijadikan bahan masukan yang utama agar para mahasiswa mendapat gambaran menyeluruh tentang gagasan pembangunan desa dan masyarakat desa serta pengalaman lapangan selama ini agar pembangunan di masa depan makin meningkat nutunya, diikuti oleh sebanyak mungkin masyarakat desa dan membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi sebanyak-banyaknya anggota masyarakat desa yang ada, utamanya menolong keluarga miskin dan keluarga yang memiliki anak stunting menyelesaikan masalahnya dan menjadi makin sejahtera.

IMG_3955.JPG

             Sebagai tindak lanjut dari pertemuan itu, Tim Pakar dipimpin Ketuanya Prof. Dr. Haryono Suyono, bersama hampir seluruh anggotanya, Dr. Bibit Riyanto, Dr. Jimmy gani, Dr. Sari Tyas, Sf Hhuda, Prof Renald Kazali, Abdullah Kamil, Wawan dan para asisten lainnya serta Dr. Helmiyati lengkap dengan jajarannya dari Pusat Pelatihan, secara lengkap memaparkan draft Road Map yang mendapat masukan sangat intensif dari seluruh anggota Tim Pakar Menteri Desa. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan hari ini, dalam dua hari ini akan digelar suatu pertemuan dengan Rektor Universitas Terbuka bersama jajarannya untuk menentukan waktu yang tepat kapan kuliah perdana, segera setelah pendaftaran dilengkapi, dapat segera di mulai untuk seluruh jajaran Pendamping Desa yang mendaftar. Semoga segala sesuatunya berjalan lancar sehingga penyelenggaraan Pembangunan Desa pada tahun 2019 yang fokusnya makin diarahkan pada peningkatan mutu sumber daya manusia, pengentasan kemiskinan dan penanganan masalah stunting dapat berjalan lebih lancar dan membawa hasil lebih positif. Semoga.

 

Haryono SuyonoComment